MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

Kepala MIM Unggulan Kota Mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka

Kamis, 14 Juli 2022 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 60 Kali

Kota, (MIM) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo, Yusnawati Abdullah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Merdeka, bertempat di Aula Hotel Arda.  Kegiatan Bimtek yang bertemakan “Transformasi Kurikulum Madrasah Wujudkan Merdeka Belajar” tersebut diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) yang akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu (06/07/2022) kemarin.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo, Yusnawati Abdullah ketika dimintai keterangan terkait kegiatan itu menerangkan bahwa, kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk pengembangan dan implementasi Kurikulum Merdeka, agar lebih dikenal oleh pihak Madrasah dan lebih optimal dilaksanakan kedepannya.

Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, dimana peserta didik diberikan kebebasan dalam mengembangkan kompetensi maupun minat bakat yang dimilikinya.

“Tujuan pelaksanaan Bimtek kali ini terkait pengembangan dan pengimplementasian lebih lanjut dari Kurikulum Merdeka. Sehingga diharapkan nantinya pengaplikasian Kurikulum Merdeka di Madrasah akan lebih optimal lagi. Sebab kita tau bersama bahwa kedepannya kita sudah tidak lagi menggunakan Kurikulum 13 melainkan akan mulai menggunakan Kurikulum Merdeka,” terang Yusnawati.

“Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum dengan model pembelajaran Intrakurikuler yang lebih beragam, dimana nantinya dengan konten yang lebih optimal para peserta didik akan diberikan kebebasan dalam mengembangkan kompetensi serta minta bakat mereka masing-masing,” jelasnya lagi.

Lanjut Yusnawati mengatakan bahwa, arti dari Merdeka pada Kurikulum tersebut ialah Merdeka bagi para peserta didik yang sudah tidak lagi mengharuskan adanya peminatan, sehingga para peserta didik kemudian bebas memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Sementara Merdeka untuk para pengajar adalah materi yang yang akan diajarkan lebih sederhana, sehingga bisa mendalami materi pelajaran tanpa harus terburu-buru untuk masuk ke materi selanjutnya.

“Saya berharap, semoga dalam kegiatan Bimtek yang diikutinya selama dua hari tersebut ada point-point penting yang dapat diambil dan diterapkan jika nantinya madrasah akan memakai serta menerapkan Kurikulum Merdeka. Begitupun sebaliknya saat ada kegiatan seperti ini mau tidak mau, saya harus mengikutinya agar dapat mengenal lebih jauh lagi apa itu Kurikulum Merdeka. (Iman/Ayiz)

  1. TULISAN TERKAIT
...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL