Sejarah Singkat Madrasah
PROFIL MADRASAH
A. Identifikasi Madrasah
Nama Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo
Alamat : Jl. HB. Jassin No.22
Kelurahan : Wumialo
Kecamatan : Kota Tengah
Kota : Gorontalo
Provinsi : Gorontalo
NSM : 111275710002
NPSN : 60726875
Kepala Madrasah : Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd
Nama Yayasan : Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah
Akreditas : A
B. Latar Belakang Historis
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Muhammadiyah Wumialo Kota Gorontalo didirikan pada tahun 1989 oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Wumialo. Gedung ini pada awalnya hanya diperuntukkan sebagai lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA IV) Wumialo. Setelah TK berdiri, maka Pimpinan Ranting Muhammadiyah Wumialo merintis Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muhammadiyah Wumialo Kota Gorontalo. Sampai tahun 2000 perkembangan MIS Wumialo tidak mengalami perkembangan yang menggembirakan dengan jumlah siswa yang sangat terbatas, yaitu 40-an orang. Pada tahun pelajaran 2001/2002 Pimpinan Muhammadiyah Kota Gorontalo mengambil alih pengelolaan MIS Wumialo dan dirintis sebagai madrasah Unggulan yang dijadikan sebagai uji coba Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah Kota Gorontalo. Nama MIS Wumialo diganti menjadi MIM Unggulan Kota Gorontalo, di bawah pengelolaan Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Pihak Majlis Dikdasmen terus mengembangkan lembaga pendidikan tersebut, sehingga sampai tahun pelajaran 2008/2009 menjadi Madrasah Berprestasi di tingkat Provinsi dan bahkan di tingkat Nasional memperoleh peringkat I Madrasah berprestasi Nasional. Berbagai prestasi baik di tingkat lokal, regional dan Nasional telah diperolehnya dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini juga telah menjadi salah satu madrasah percontohan penerapan manajemen berbasis sekolah sehingga sebagai salah satu madrasah yang menjadi tempat studi banding beberapa SD/MI di Gorontalo dan sekitarnya.
Saat ini, MIM Unggulan Kota Gorontalo telah memiliki gedung dan fasilitas belajar yang cukup memadai serta memiliki kampus pada dua lokasi yang disebut dengan Kampus I dan Kampus II. Jarak kampus I dan kampus II sekitar 100 Meter yang ditargetkan oleh pimpinan Muhammadiyah sebagai Madrasah Bertaraf International pada tahun 2020. Jumlah tenaga guru dan staf sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan selebihnya adalah pegawai tidak tetap dan guru yayasan.
MIM Wumialo sebagai sekolah yang bercirikan Islam memberikan pelajaran budi pekerti yang berasaskan Islam. Upaya untuk membina murid dalam hal agama sebagai basis moral melalui intensitas pelajaran membaca dan hafalan Al-qur’an, bahasa Arab, Iqra dan Kemuhammadiyaan. Setiap pagi sebelum dimulai pelajaran, murid-murid selalu diajarkan tadarrus yaitu hafalan surat-surat pendek, hadis-hadis, dan doa-doa. Begitu pula pada saat menjelang pulang, semua murid selalu dianjurkan untuk membaca doa pulang dan surah pendek. Kegiatan ini sebagai bagian dari aktivitas sekolah yang harus dilaporkan kepada guru mata pelajarana agama.
Halaman Lainnya
Ahmad Dahlan Library
PROFIL PERPUSTAKAAN "KH. AHMAD DAHLAN" Perpustakaan KH. Ahmad Dahlan MI. Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo di SK kan tanggal 6 Januari 2015, merupakan salah satu upaya dalam meningka
Pengumuman Seleksi Calon Siswa Baru Tahun Pelajaran 2024-2025
Bismillahirahmanirrahiim Assalamu Alaikum Wr. Wb Berdasarkan hasil rapat Dewan Mutu, Komite dan Panitia PPDB Tahun 2024 pada hari Selasa, Tanggal 18 Maret 2024 dengan ini mengumumkan da
PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN PPDB 2024
PETUNJUK DAN PERSYARATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2024-2025 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO 1. Pendahaluan MIM Unggulan meru
Profil
PROFIL MADRASAH 1. Nama Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo Nomor pokok Madrasah : 60726875 Nomor
Visi dan Misi
Visi Madrasah “Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah yang Religius, Inovatif dan Kompetitif" Misi Madrasah Menyelenggarakan kegiatan religius yang mendukung penguatan aqidah, ibadah, ak