MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

MIM Unggulan Kota Gelar Simulasi ANBK 2021

Rabu, 01 September 2021 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 75 Kali

...

 Kota, (MIM) – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan menggunakan mode full online. Pada simulasi ANBK tersebut diikuti oleh 12 Client  yang terpilih yang didampingi proktor dan teknisi. Simulasi ini bermaksud untuk menguji coba sistem asesmen nasional oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (PUSMENJAR). Rabu (01/09/2021).

Pelaksanaan simulasi ini dimulai pada pukul 07.00 Wita sampai dengan selesai. Secara teknis pelaksanaan simulasi tersebut selama 90 menit untuk subtes literasi dan numerasi kemudian dilanjutkan dengan subtes kedua yaitu angket dengan waktu 20 menit. Saat pelaksanaan simulasi sempat terjadi eror404 pada aplikasi Asesmen Nasional, yang kemungkinan disebabkan oleh gangguan koneksi internet yang digunakan, setelah koneksi kembali normal peserta dapat login kembali, mengisi soal yang memiliki banyak model pertanyaan. Misalnya model pilhan ganda, menjodohkan kompleks, isian singkat, dan uraian.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Program ini merupakan program pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah dihapus oleh pemerintah.

Kepala MIM Unggulan Kota, Yusnawati Abdullah menjelaskan bahwa nantinya asesmen nasional akan menilai mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi informasi tersebut diperoleh dari tiga instrument utama, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Ada tiga hal yang menjadi penilaian dalam assesment ini, hasil belajar murid yang meliputi literasi, numerasi dan karakter, yang kedua adalah kualitas proses belajar mengajar serta yang terakhir adalah iklim satuan pendidikan, ketiga tiganya wajib dipenuhi oleh madrasah apabila ingin lulus assesment ini,” kata Yusnawati.

Sementara itu, menurut Fatmawati salah satu peserta mengungkapkan, ini pertama kali dirinya bersama teman teman lainnya mengikuti kegiatan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dan ada beberapa kendala yang berarti yang kami alami. Semoga setelah mengikuti ANBK ini bisa mengaplikasikannya kembali.

“Alhamdulillah kegiatan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dapat kita laksanakan pada hari ini, kegiatan ini diikuti oleh 12 client. Untuk mempersiapkan kegiatan ini madrasah menyediakan laptop dan jaringan wifi,” jelas Fatmawati.

“Tadi memang sempat ada kendala pada saat login karena masalah koneksi internet yang ada, tapi Alhamdulillah panitia dengan cepat mampu mengatasinya. Mudah mudahan setelah mengikuti kegiatan ini saya dan teman peserta lainnya bisa mengaplikasikannya kembali,” tambah Fatmawati.

  1. TULISAN TERKAIT
...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL