MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

Tata Usaha MIM Unggulan Kota Disambangi Ketua Komite

Jum'at, 18 Juni 2021 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 59 Kali

MIM – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah anggaran yang disediakan pemerintah untuk memastikan setiap warga Negara Indonesia dapat mengakses pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah. Hal itu selaras dengan program wajib belajar yang dicanangkan pemerintah.

Untuk memantau dan mengevaluasi penggunaan dan pelaporan Dana (BOS) pada madrasah, agar tepat penggunaannya sesuai dengan aturan yang berlaku dan untuk mengontrol dan mengevaluasi pengelolaan serta pemanfaatan dana BOS di tingkat madrasah khususnya MIM Unggulan Kota sendiri maka Ketua Komite Madrasah MIM Unggulan Kota, Farida A Halalutu melakukan Monitoring terhadap pengelolaan dana BOS, Realisasi BOS tahap I dan komite serta laporannya secara manual, Rabu (16/06/2021).

Farida A. Halalutu menjelaskan pelaporan keuangan baik itu dana BOS dan komite harus sesuai dengan ketetapan aturan sehingga saat dilaksanakan audit baik yg dilaksanakan secara intern madrasah ataupun oleh pihak terkait, dan berharap tidak terdapat temuan temuan yang bisa mengacaukan laporan karena ketidaktahuan bendahara terhadap aturan aturan yang sudah ditetapkan dan adanya sinkronisasi antara aturan ataupun juknis dengan pengeluaran pengeluaran yg sudah direncanakan melalui RKAM.

“Dengan pelaksanaan monitoring ini, kita mengontrol dan mengevaluasi pengelolaan dana BOS dan Komite beserta pelaporanya yang ada di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Apakah pengelolaan, pemanfaatan serta pelaporannya telah sesuai dengan petunjuk teknis yang ada. Bila ada temuan seperti SPJ yang tidak lengkap atau laporan yang belum dibuat, atau semacam itu. Maka pihak madrasah diminta untuk menindak lanjuti temuan temuan tersebut dalam waktu secepatnya," ujarnya.

"Karena pertanggung jawaban keuangan Negara tidak sama dengan pertanggung jawaban keuangan lainnya. Pertanggung jawaban keuangan Negara harus sesuai dan pas. Kalau melenceng akibatnya bisa sanksi administratif bahkan bisa dipidana. Jadi kita bukan hanya memonitor, tapi sekaligus memberikan pembinaan,” tambah Farida. (admin)

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL