MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

Sejarah Singkat

Jum'at, 17 November 2017 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 764 Kali

Latar Belakang Historis sejarah singkat Madrasah

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Muhammadiyah Wumialo Kota Gorontalo didirikan pada tahun 1989 oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Wumialo. Gedung ini pada awalnya hanya diperuntukkan sebagai lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA IV) Wumialo. Setelah TK berdiri, maka Pimpinan Ranting Muhammadiyah Wumialo merintis Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muhammadiyah Wumialo Kota Gorontalo. Sampai tahun 2000 perkembangan MIS Wumialo tidak mengalami perkembangan yang menggembirakan dengan jumlah siswa yang sangat terbatas, yaitu 40-an orang. Pada tahun pelajaran 2001/2002 Pimpinan Muhammadiyah Kota Gorontalo mengambil alih pengelolaan MIS Wumialo dan dirintis sebagai madrasah Unggulan yang dijadikan sebagai uji coba Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah Kota Gorontalo. Nama MIS Wumialo diganti menjadi MIM Unggulan Kota Gorontalo, di bawah pengelolaan Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Pihak Majlis Dikdasmen terus mengembangkan lembaga pendidikan tersebut, sehingga sampai tahun pelajaran 2008/2009 menjadi Madrasah Berprestasi di tingkat Provinsi dan bahkan di tingkat Nasional memperoleh peringkat I Madrasah berprestasi Nasional. Berbagai prestasi baik di tingkat lokal, regional dan Nasional telah diperolehnya dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini juga telah menjadi salah satu madrasah percontohan penerapan manajemen berbasis sekolah sehingga sebagai salah satu madrasah yang menjadi tempat studi banding beberapa SD/MI di Gorontalo dan sekitarnya.

Saat ini, MIM Unggulan Kota Gorontalo telah memiliki gedung dan fasilitas belajar yang cukup memadai serta memiliki kampus pada dua lokasi yang disebut dengan Kampus I dan Kampus II. Jarak kampus I dan kampus II sekitar 100 Meter yang ditargetkan oleh pimpinan Muhammadiyah sebagai Madrasah Bertaraf International pada tahun 2020. Jumlah tenaga guru dan staf sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan selebihnya adalah pegawai tidak tetap dan guru yayasan.

MIM Wumialo sebagai sekolah yang bercirikan Islam memberikan pelajaran budi pekerti yang berasaskan Islam. Upaya untuk membina murid dalam hal agama sebagai basis moral melalui intensitas pelajaran membaca dan hafalan Al-qur’an, bahasa Arab, Iqra dan Kemuhammadiyaan. Setiap pagi sebelum dimulai pelajaran, murid-murid selalu diajarkan tadarrus yaitu hafalan surat-surat pendek, hadis-hadis, dan doa-doa. Begitu pula pada saat menjelang pulang, semua murid selalu dianjurkan untuk membaca doa pulang dan surah pendek. Kegiatan ini sebagai bagian dari aktivitas sekolah yang harus dilaporkan kepada guru mata pelajarana agama.

...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL